Dec
6
2013

Sukses Itu Butuh Proses

Kita tidak pernah tahu kapan sukses itu akan datang, tapi yang pasti sukses itu butuh perjuangan dan kerja keras, serta strategi yang berarah dannnn komitmen pastinya :).

Memang benar sukses itu sebagian dari hak kita, tapi bukan berarti kita hanya ongkang-ongkang kaki untuk mencapai sukses tersebut.

Jadi keingetan ama sebuah cerita yang pernah aku dengarkan disuatu siaran radio ternama di Jakarta.  Ini nich ceritanya…
Suatu ketika ada seorang anak muda yang sedang melamar pekerjaan disuatu perusahaan besar.  Setelah mengikuti beberapa tes, akhirnya anak muda tersebut berhasil lolos dalam semua tes yang diberikan.  Tibalah gilirannya untuk interview dengan pimpinan perusahaan tersebut, dan terjadilah percakapan sebagai berikut:
pimpinan: “anak muda apa cita-citamu”.
anak muda: “cita-cita saya suatu hari nanti untuk bisa duduk dibangku bapak”
pimpinan:”untuk duduk disini tentu tidak mudah, perlu waktu yang lama dan kerja keras, betulkan?.  Lalu apa kerja bapak mu?”
pemuda:”Bapak saya sudah meninggal saat masih kecil dan Ibu yang menghidupi kami”
pimpinan:”apa kerja Ibu mu?”
anak muda:”oh ibu jualan kue dari pagi sampai petang”
pimpinan:”baiklah saya belum bisa memutuskan kamu diterima atau tidak diperusahaan ini.  Tapi ada 1 permintaan saya, sampai rumah cucilah kaki ibumu dan kembali kesini besok pagi.”
Walaupun dengan perasaan bingung, anak muda tersebut tetap melakukan apa yang diminta oleh pimpinan perusahaan tadi.  Saat senja tiba ibunya dibawa untuk duduk dikursi, anak muda tersebut sambil berujar “ibu tampak lelah, duduklah, saya akan mencucikan kaki ibu”.  Direndamkannya kaki si ibu kedalam baskom sambil dipijit-pijit perlahan dan tanpa terasa air mata anak muda tersebut menetes dan berujar “ibu terima kasih karena sudah bekerja keras untuk ananda, berkat kaki inilah ananda bisa seperti ini”.  Mereka berpelukan dengan penuh kasih.  Keesokan harinya anak muda tersebut kembali menemui pimpinan perusahaan itu, lalu pimpinan tersebut minta diceritakan apa yang sudah dilakukannya.  Anak muda tersebut menceritakan apa yg sudah dia lakukan terhadap ibunya.
anak muda :”saat mencuci kaki ibu, saya sadar bahwa saya harus bekerja keras dan bersungguh-sungguh demi berbakti kepada ibu saya”. ucapannya tulus dan yakin.

pimpinan: “orang yg tahu bersyukur dan balas budi, adalah orang yang akan bekerja dengan serius, sepenuh hati dan bertanggung jawab. kasih ibu adalah kasih yg tiada tara dan tak terbalaskan, restu apapun yg akan kita lakukan akan mendatangkan hasil yg maksimal, selagi orang tua masih hidup sudah selayaknya kita memberikan perhatian, layanan setulus hati, dan bila ada salah tidak perlu disimpan dihati apalagi dengan membalas dan menyakiti hati mereka, ingatlah pengorbanan orang tua dan sayangi orang tua dengan setulus-tulusnya.

Apa sih korelasinya suatu kesuksesan dengan seorang Ibu?. Jika orang tersebut menghormati dan menyayangi orang tuanya, maka akan menjadi karakter yang terbangun dalam dirinya. Orang tua tidak butuh materi, tapi butuh perhatian.  Apapun kesalahan orang tua, sebagai anak harus pintar menjaganya dan minta waktu jika ingin mengkritik.

Wassalam,

Jalilah

About the Author:

Seorang ibu rumah tangga yang selalu Optimis dan mempunyai IMPIAN yang sangat besar untuk kebahagiaan keluarganya

Leave a comment